MASIGNCLEAN101

Pengertian Robot

Pengertian Robot
2/05/2020
Hello sobat pada artikel kali ini The Monster akan share informasi tentang Robot. Pastinya sobat sudah sering mendengar kata robot. Kata robot ini sendiri sebenarnya adalah singkatan yang jika dijabarkaan memiliki arti "Residents Official Board of Technology".Dalam KBBI, Robot berarti alat berupa orang-orangan dan sebagainya yang dapat bergerak (berbuat seperti manusia) yang dikendalikan oleh mesin. Robot berawal dari bahasa Ceko yaitu ‘robota’ yang memiliki arti sebagai pekerja atau kuli yang tidak mempunyai lelah dan bosan. Jadi jika disimpulkan robot adalah suatu alat yang mampu melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan perintah manusia dan dapat mengerjakan perintah tersebut secara otomatis. Robot biasanya digunakan untuk tugas berat, bahaya, pekerjaan berulang dan kotor. Biasanya menunjuk robot industri digunakan dalam garis produksi. Penggunaan lainnya termasuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, dan pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, penyedot debu, dan pendeteksi kebocoran gas.

AWAL MULA ROBOT

Tahukah sobat bahwa ide robot pada awalnya bukan berasal dari ilmuan teknologi. Melaikan ide ini berasal dari ilmuan biologi. Mereka berharap dapat menciptakan sebuah makluk yang mampu bekerja siang malam tanpa henti serta mau menuruti segala perintah. Namun keinginan mereka tidak pernah terwujud dan malah dijadikan sebuah naskah drama pada abad XVIII. 

Bermula dari naskah drama tersebut, para ilmuan teknik memiliki ide cara mengembangkan sesuatu yang disebut robot ini. Sekitar abad XIX robot mulai dikembangkan oleh ilmuan teknik berbekal kemampuan mekanik, mereka mulai mengembangkan boneka tiruan manusia yang bisa bergerak. Mulai dari sinilah robot mulai berkembang hingga saat ini. 
Share This :
The Monster

Admin Komunitas The Monster