MASIGNCLEAN101

Pengertian Arduino

Pengertian Arduino
2/05/2020

Pada artikel kali ini, The Monster akan membahas tentang Arduino. Bagi orang awam, Arduino memang terdengar sangat asing dan membingungkan. Namun perlu sobat ketahui arduino ini berperan sangat penting dalam dunia mikrokontroler. Berikut ini adalah penjelasanya.

PENGERTIAN ARDUINO

Secara garis besar, arduino adalah sebuah rangkaian elektronik yang memiliki sebuah komponen utama berupa IC chip mikrokontroler. Mikrokontroler disini adalah sebuah chip yang dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan lewat komputer.

Namun ada juga yang mengartikan arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel. Tujuan dari adanya mikrokontroler untuk membaca input dengan memprosesnya hingga menimbulkan Output.

Dengan adanya mikrokontroler, dapat ditemukan berbagai alat seperti DVD, AC, TV, Handphone, Mp3 Player dan masih banyak lagi. Selain itu, mikrokontroler juga sangat berguna untuk pengendali robot baik dari mainan ataupun industri.

SEJARAH ARDUINO

Sekitar tahun 2005, penciptaan Arduino berasal dari teori oleh Hernando Barragan di Italia. Dari adanya teori tersebut, kemudian ini dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles yang menamainya sebagai Arduin of Ivrea. Kemudian, alat tersebut berganti nama yang diambil dari bahasa Italia menjadi Arduino.

Berdasarkan dari sifat yang dimilikinya, perkembangan Arduino sangat cepat. Dari perkembangan tersebut, banyak penciptaan sejenis Arduino seperti DFRDuino atau Freeduino, CipaDuino, MurmerDuino dan AViShaDuino.

Seiring waktu, ada berbagai macam jenis penciptaan Arduino dari yang mudah dicari dan yang paling banyak digunakan yang salah-satunya seperti Arduino Uno. Berdasarkan penggunaannya, telah tercatat bahwa tahun 2011 telah ada ratusan ribu Arduino digunakan. Dari lahirnya alat tersebut, banyak perusahaan besar yang menggunakan alat tersebut seperti Google, NASA dan juga Large Hadron Colider.

Seperti yang telah disebutkan diatas, dimana program bahasa yang digunakan Arduino memiliki bahasa tersendiri yang sebenarnya diketahui menggunakan bahasa C. Dari adanya bahasa yang telah disederhanakan tersebut, bagi orang awam ini akan menjadi sangat mudah digunakan.




Share This :
The Monster

Admin Komunitas The Monster