MASIGNCLEAN101

Macam Macam Arduino

Macam Macam Arduino
2/05/2020

Halo sobat di artikel sebelumnya sobat telah mengetahui pengertian dan sejarah dari arduino. Namun perlu sobat ketahui bahwa arduino ini ada banyak sekali jenisnya. Berikut ini adalah penjelasanya.

Arduino Uno

Yang pertama ada arduino Uno. Arduino jenis ini adalah yang paling umum ada dipasaran. Terutama untuk pemula, disarankan menggunakan arduino jenis ini. Arduino Uno sendiri memiliki banyak sekali versi. Namun untuk versi terbarunya adalah Arduino Uno R3 menggunakan ATMEGA328 sebagai Mikrokontroler, memiliki 14 pin I/O digital dan 6 pin input analog. Untuk pemprograman cukup menggunakan koneksi USB type A to To type B. Sama seperti yang digunakan USB pada umumnya. Baca info lengkap spesifikasi dan harga Arduino Uno

Arduino Mega

Arduino mega 2560 adalah papan mikrokontroler berbasis ATmega 2560. Arduino ini memiliki lebih banyak pin input/output dibanding Arduino Uno yaitu sebanyak 54 pin (14 dapat digunakan sebagai output PWM), 16 analog input, 4 UART (hardware port serial), 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack daya, header ICSP, dan tombol reset. Ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler. Baca info lengkap spesifikasi dan harga Arduino Mega

Arduino Due

Arduino Due adalah varian papan pengembang mikrokontroler Arduino yang menggunakan CPU Atmel SAM3X8E ARM Cortex-M3. Dengan demikian, Arduino Due adalah Arduino Development Board pertama yang didasarkan pada mikrokontroler ARM 32-bit. Sekilas memang mirip dengan arduino mega. Namun fitur - fitur tambahan yang ada di arduino due ini belum amat perlu bagi pemula yang ingin belajar arduino. Baca info lengkap spesifikasi dan harga arduino due.

Arduino Leonardo

Mungkin sekilas bentuknya mirip dengan arduino uno. Namun Leonardo menjadi unik dan berbeda dari papan pengembang dasar kelas Arduino Uno. Karena papan yang menggunakan Ateml ATmega32U4 ini memiliki fungsi komunikasi USB secara terpadu tanpa perlu bantuan dari prosesor sekunder. Fitur USB ini memungkinkan Leonardo untuk berperan sebagai USB HID (USB Human Interface Device), misalnya sebagai USB mouse atau keyboard. Baca info lengkap spesifikasi dan harga Arduino Leonardo.

Arduino Nano

Perlu sobat ketahui spesifikasi arduino nano ini hampir mirip dengan arduino uno. Kelebihanya adalah memiliki 8 pin analog input/output ( sedangkan arduino uno hanya 6 pin ) Serta ukuranya yang lebih kecil. Namun arduino nano memiliki tegangan input/output serta tegangan kerja yang lebih kecil dibanding Arduino Uno.

Arduino Mini

Arduino Pro Mini menggunakan ATmega328. Arduino Pro Mini memiliki 14 digital pin input / output (dimana 6 dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, resonator on-board, tombol reset, dan lubang untuk pemasangan pin header. dan enam pin dapat dihubungkan ke kabel FTDI atau Sparkfun breakoutboard untuk memberikan daya USB dan komunikasi untuk board

Arduino Mikro

Ukurannya lebih panjang dari Nano dan Mini. Karena memang fasilitasnya lebih banyak yaitu; memiliki 20 pin I/O digital dan 12 pin input analog.

Arduino Fio

Arduino ini memiliki 14 digital pin input / output (dimana 6 dapat digunakan sebagai output PWM), 8 input analog, resonator on-board, tombol reset, dan lubang untuk pemasangan pin header. berbeda dengan arduino lainya, arduino fio memiliki koneksi untuk baterai Lithium Polymer. Arduino Fio juga mempunyai Soket XBee tersedia di bagian bawah papan.

Arduino Lilypad

Bentuknya memang unik dibandingkan arduino pada umumnya. Berbentuk seperti bunga, arduino ini berbasis pada ATmega32u4. Arduino ni memiliki 9 pin input / output digital (dimana 4 dapat digunakan sebagai output PWM dan 4 sebagai input analog), resonator 8 MHz, koneksi micro USB, konektor JST untuk baterai LiPo 3.7V, dan tombol reset. Berisi semua yang dibutuhkan untuk mendukung mikrokontroler; cukup hubungkan ke komputer dengan kabel USB atau nyalakan dengan baterai untuk memulai.

Arduino Robot

Dari semua jenis arduino yang telah disebutkan, arduino robot ini memang yang paling komplit. Seperti namanya arduino ini ditujukan untuk para penghoby dunia robotika. Dalam arduino ini juga sudah lengkap disedikan dari sisi mekanik ada roda, ada sensor infrared, LCD, speaker dll. Sehingga sangat memanjakan untuk pengguna arduino dalam bidang robotika tanpa harus merakit dari 0.

Share This :
The Monster

Admin Komunitas The Monster